Hukum

blog post
Ada pemandangan yang agak "aneh" dari sidang gugatan Pilkades desa Pacewetan, kecamatan Pace, kabupaten Nganjuk yang digelar hari Rabu (19/2/2020) di ruang Chandra gedung PTUN Surabaya.

Agenda sidang kali ini mendengarkan keterangan saksi Yani Purwanto yang diajukan kuasa hukum Penggugat advokat Gundi Sintara, SH MH dan Siti Romlah yang diajukan kuasa hukum Tergugat I Advokat Adi Wibowo, SH MSi. Sesi pertama saksi Yani Purwanto mendapat giliran diperiksa duluan dan lancar saja.

Namun ketika giliran saksi Siti Romlah dihadirkan di depan persidangan, tiba-tiba GS interupsi minta waktu kepada majelis hakim. GS keberatan jika Siti Romlah dimintai keterangan sebagai saksi.

Alasannya,  saat GS datang ke sekrerariat panitia di kantor desa Pacewetan pada 12 Nopember 2019 untuk bertemu panitia pemilihan, saksi tampak bekerja di kantor tersebut. "Saya tidak tahu secara pasti, yang jelas sdr saksi Siti Romlah ini ada dua kemungkinan, kalau tidak anggota panitia ya staf sekretariat panitia. Oleh sebab itu Majelis Hakim, saya menolak  kehadiran sdr Siti Romlah sebagai saksi", tegas GS yang juga mantan anggota DPRD Nganjuk 2 periode ini.

Menanggapi sikap GS, ketua Majelis Hakim menanyakan kepada saksi terkait kedudukannya dalam kepanitiaan Pilkades. Kata Siti Romlah, dirinya memang sebagai sekretaris. Mendengar jawaban Siti Romlah, kontan ketiga Majelis Hakim menyetujui penolakan GS.

Majelis Hakim menilai kedudukan panitia bersifat kolektif kolegial. Mulai dari ketua panitia hingga jabatan yang terbawah merupakan satu kesatuan. Kedudukan saksi merupakan para pihak (tergugat I).

"Anda ini sebagai para pihak jadi tidak bisa menjadi sakai. Karena kedudukan panitia itu satu kesatuan, kolektif kolegial. Coba sdr kuasa hukum tergugat sidang berikutnya cari saksi yang lain lagi", kata ketua Majelis Hakim.

Ketok palu ketua Majelis Hakim menandakan sidang ditutup dan akan digelar lagi satu minggu kemudian. Agenda masih pemeriksaan saksi tergugat. Saksi dari penggugat 3 orang semua sudah diperiksa, berikutnya giliran para tergugat yakni panitia pemilihan, tim pengawas dan Bupati nenghadirkan saksi lagi selain Siti Romlah.

Para tergugat dalam sidang ini diwakili 3 kuasa hukum yakni Adi Wibowo, SH MSi (advokat), Samsul Huda, SH MH (asisten sekda bidang pemerintahan dan kesra) dan Jimmy, SH MH (kasi datun Kejari). Penggugat Imam Mughni diwakili kuasa hukum advokat Gundi Sintara, SH MH.
  • Share This Story

Komentar

Buat Komentar