Regional

blog post
Berita Acara Pemeriksaan (BAP) berikut 5 tersangka kasus demo aktivis Forum Peduli Masyarakat Ngepung hari ini (Senin, 24/2/2020) dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Nganjuk.

Ke-lima tersangka diambil dari rutan klas II-B Nganjuk sekira jam 11.00 WIB dikawal oleh tim penyidik satreskrim Polres Nganjuk. Dalam pelimpahan BAP ini para tersangka didampingi penasehat hukumnya advokat Gundi Sintara, SH MH.

Dengan pelimpahan kasus ini, sejak hari ini penanganan perkara sudah diambil alih kejaksaan dan status ke-5 tersangka sudah menjadi tahanan kejaksaan.

"Sejak hari ini penanganan perkara saudara semua sudah resmi menjadi kewenangan kami. Demikian juga status tahanan juga menjadi tahanan kejaksaan", ujar jaksa Endang Srirahayu, SH.

Kejari Nganjuk juga sudah menunjuk tim jaksa penuntut umum (JPU) yang terdiri 2 orang jaksa yakni Endang Srirahayu, SH dan Pujo, SH. Kedua JPU ini yang langsung berhadapan dengan 5 tersangka di ruang pertemuan dengan sedikit memberikan penjelasan terkait perkara yang mulai ditanganinya.

Setelah proses administrasi penyerahan BAP dan para tersangka, para aktivis pejuang transparansi anggaran desa Ngepung ini langsung dikembalikan ke rutan untuk menjalani masa tahanannya.

Seusai mendampingi pelimpahan perkara, penasehat hukum tersangka advokat Gundi Sintara, SH MH pihaknya menyatakan sudah siap menghadapi persidangan. Meskipun belum ada kepastian waktu digelar sidang di PN Nganjuk.

GS juga menjelaskan, sudah beberapa advokat senior yang siap bergabung dalam timnya diantaranya Yusuf Wibisono, SH MH dan Totok Budi Hartono, SH MH. "Teman-teman advokat ini secara sukarela siap membantu karena merasa terpanggil substansi kasusnya yang memperjuangkan keterbukaan anggaran justru berakhir dengan jeruji besi", tambah GS yang sudah 26 tahun malang melintang sebagai praktisi hukum.

Selama proses administrasi di kantor Kejari jl Dermojoyo Nganjuk, juga hadir keluarga tersangka dan para aktivis forum yang tetap setia memberikan dorongan moral kepada teman seperjuangan. Lima tersangka tersebut diantaranya Suyadi, Suroso, Sukriyon, Sutrisno dan Slamet.
  • Share This Story

Komentar

Buat Komentar