Nasional

blog post
Tidak perlu menunggu lama, timsus Bareskrim Mabes Polri yang dipimpin Kabareskrim Komjen Listyo Sigit berhasil meringkus buron kelas kakap taipan Joko Chandra di persembunyiannya sebuah apartemen di  Malaysia.

 

Terpidana kasus korupsi hak tagih (cessie) bank Bali yang merugikan negara Rp 904 milyar pada Kamis (30/7/2020), jam 22.40 WIB mengenakan rompi orange menggunakan pesawat khusus, mendarat di bandara Halim Perdanakusuma Jakarta.

 

Keberhasilan ini hasil kerjasama antara mabes Polri dengan para petinggi kepolisian Diraja Malaysia. Dalam press conference setiba di bandara Halim Perdanakusuma, Komjen Listyo Sigit menyampaikan rasa terima kasihnya kepada jajaran kepolisian Diraja Malaysia.

 

"Keberhasilan menangkap pak Joko Chandra ini juga untuk menjawab keraguan publik atas komitmen Polri dalam menuntaskan kasus ini. Satu sampai dua minggu kami komunikasi dengan kepolisian Malaysia", ujar Listyo Sigit.

 

Joko Chandra ditetapkan sebagai buron pada tahun 2009, setelah dirinya divonis 2 tahun penjara. 11 tahun pengusaha keturunan Tionghoa ini bersembunyi di Malaysia. Selama dalam persembunyian JC melakukan upaya hukum hingga kasasi ke MA (Mahkamah Agung).

 

Pengajuan kasasi ditolak MA, hingga perkaranya memiliki kekuatan hukum tetap (inkracht). Meski demikian JC tetap tidak terima mengajukan PK (Peninjauan Kembali), melalui kuasa hukumnya Anita Kolopaking. Belakangan advokat Anita Kolopaking juga sudah ditetapkan tersangka.

 

Meski JC sudah 11 tahun dinyatakan buron, akhir-akhir ini malah bisa leluasa berkeliaran di wilayah Indonesia. Keleluasaan yang dinikmati JC karena memegang surat jalan  yang diterbitkan Brigjen Prasetyo Utomo, kabiro Koordinasi dan Pengawasan PPNS Bareskrim.

 

Akibat kesalahannya "berselingkuh" dengan buronan, Brigjen Prasetyo Utomo dicopot dari jabatannya melalui telegram Kapolri no. ST/1980/011/KEP/2020 tertanggal 15 Juli 2020 yang ditandatangani as SDM Kapolri Irjen Sutrisno Yudi Hermawan.  Selanjutnya dimutasi ke Pelayanan Markas (Yanma) polri tanpa jabatan (non job).

  • Share This Story

Komentar

Buat Komentar